CHISLO-CIFRA.COM
  1. Sistem bilangan
« Sistem angka dunia »
Ketik sistem
- - - - -
Jumlah karakter
- - - - -
Tempat asal
- - - - -
Tanggal pembuatan
- - - - -

Sistem angka dunia

Sepanjang sejarah umat manusia, banyak sistem penghitungan telah dibuat. Mereka berbeda satu sama lain, tetapi tujuannya terkait dengan pencatatan dan penghitungan kuantitas. Dengan bantuan mereka, Anda dapat menghitung angka berapa pun. Anda juga dapat melakukan operasi matematika. Di sini dikumpulkan semua sistem angka yang dibuat oleh semua orang, negara, dan bangsa. Pelajari masing-masing dan perluas pengetahuan Anda terkait sistem penghitungan. Informasi ini akan memberikan gambaran lengkap tentang apa dan sarana apa yang digunakan. Orang untuk membuatnya.

Apa itu sistem angka?

Sistem angka: Ini adalah metode penulisan angka yang dikembangkan secara khusus menggunakan simbol. Dengan sistem ini, Anda dapat menulis angka kecil dan besar serta melakukan operasi matematika pada angka tersebut.

Jenis sistem angka

Seperti yang telah kami sebutkan, sistem adalah metode yang dirancang khusus untuk melakukan operasi matematika. Dalam hal sistem penghitungan, ada 2 sistem:

  1. Posisi;
  2. Non-Posisi.

Sistem penghitungan posisi: Ini adalah metode yang dikembangkan secara khusus. Dengan bantuannya, indikator kuantitatif suatu digit berubah tergantung pada tempat yang ditempatinya dalam angka tersebut. Misalnya: angka 567 - angka 5 menempati tempat ratusan pada angka tersebut, oleh karena itu indeks numeriknya adalah 500. Oleh karena itu, nilai digit dalam sistem penghitungan posisi ditentukan oleh tempatnya di angka tersebut.

Sistem penghitungan non-posisi: Ini adalah metode di mana nilai numerik dari digit tidak berubah ketika posisi (urutan) mereka berubah. Misalnya: dalam sistem angka Romawi, semua simbol memiliki nilai numerik yang telah ditentukan sebelumnya. Indikator kuantitatif mereka tidak berubah ketika tempat dalam angka berubah. Contoh: MSCXI (1211). Angka 200 tidak ada dalam sistem angka Romawi. C + C, CC = 200 digunakan untuk menuliskannya.

Jenis karakter dalam sistem angka

Orang juga menggunakan berbagai jenis simbol untuk membuat sistem penghitungan, lihat daftar mereka:

  1. Garis vertikal;
  2. Poin;
  3. Hieroglif;
  4. Huruf alfabet;
  5. Simbol khusus.

Jumlah karakter dalam sistem angka

Jumlah karakter dalam sistem penghitungan ditentukan oleh jenisnya. Misalnya, jumlah karakter dalam sistem penghitungan posisi adalah 10. Dan dalam sistem penghitungan non-posisi, jumlahnya jauh lebih besar dan jumlahnya tidak ditentukan.

Tempat asal sistem angka

Tempat asal mereka berbeda, karena mereka diciptakan di seluruh penjuru bumi dan di semua benua. Oleh karena itu, tempat asal mereka berbeda satu sama lain.

Tanggal terjadinya sistem angka

Waktu penciptaan mereka berbeda, karena mereka diciptakan selama ribuan tahun. Faktor inilah yang menyebabkan perbedaan tanggal pembuatannya.

Sistem bilangan

Di kolom kiri tabel adalah nama-nama sistem, di kolom kanan adalah jenis sistem.
Nama sistem Tipe sistem
Sistem bilangan
 

Daftar Istilah

Lihat definisi istilah yang digunakan di halaman ini. Dengan bantuannya, Anda dapat dengan mudah memahami informasi ini.

RU EN ID







- 1000